Thursday 30 June 2011

Perbedaan Virus, Hoax, Spam, Backdoor dan Worm



Virus komputer merupakan module komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam module atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan pathogen biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak interpretation pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.  Virus pada umumnya memiliki ext. (.exe) sebagaimana mirip dengan application.
            Hoax adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu. Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya. Dalam pemberitaan palsu, pendengar/penonton tidak sadar sedang dibohongi.
            Spam adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam pesan elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web, spam blog, spam berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan spam-spam lainnya yang mengganggu pengguna Internet.

            Backdoor seringkali digunakan untuk masuk ke dalam sistem tanpa sepengetahuan administrator, namun hal tersebut bisa dilakukan jika penyusup pernah masuk kedalam sistem tersebut dengan hak akses root. Pemberian backdoor ini dilakukan untuk mempermudah mereka memasuki sistem tersebut jika jalan yang telah dibuat dengan eksploit telah ditutup oleh administrator. Jadi, tujuan dari backdoor bukan untuk mendapatkan previlege root, tetapi untuk mendapatkan kembali previlege yang pernah diperoleh.
            Worm adalah jenis pathogen yang tidak menginfeksi module lainnya.
Ia membuat duplicate dirinya sendiri dan menginfeksi komputer lainnya (biasanya menggunakan hubungan jaringan) tetapi tidak mengkaitkan dirinya dengan module lainnya akan tetapi sebuah worm dapat mengubah atau merusak record dan program.

No comments:

Post a Comment